Tips Mengatasi Susah Tidur yang Ampuh dari SehatQ.com


Tidur bukan hanya sebatas mengistirahatkan tubuh untuk melepas penat. Namun sudah menjadi kebutuhan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Saat waktu tidur Anda cukup, maka tubuh akan lebih kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Kekurangan waktu tidur hanya akan memancing penyakit-penyakit berbahaya muncul.

Bagi sebagian orang, tidur teratur bukan hal yang mudah dilakukan. Seringkali mereka akan merasakan ketidaknyamanan menjelang waktu tidur. Akibatnya, sulit untuk memejamkan mata meskipun sudah berbaring di ranjang. Tak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk mengkonsumsi obat yang memberikan efek mengantuk. Namun penggunaan obat-obatan ini akan menimbulkan ketergantungan yang tidak baik kedepannya. Pada artikel kesehatan ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tidur.

Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Anda bisa melakukan beberapa cara ini dengan sangat mudah. Efeknya mungkin tidak akan langsung dirasakan, namun jika dilakukan secara terus menerus, ini akan memudahkan Anda tidur lebih cepat.

1. Bersiap Tidur Saat Mengantuk

Dikutip dari SehatQ, beberapa orang mencoba tidur lebih awal antara pukul 7 sampai 8 malam. Akan tetapi, percobaan itu tidak membuahkan hasil, mereka tetap kesulitan untuk tertidur. Tidur cepat akan lebih mudah dilakukan ketika Anda sudah benar-benar mengantuk. Pada momen ini, tubuh sudah malas untuk melakukan dan memikirkan apapun. Alhasil, Anda bisa tidur pulas tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

2. Tidur di Ranjang yang Nyaman

Kenyamanan tempat tidur sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Jika Anda terbiasa tidur di sofa, ubah kebiasaan itu karena tidak baik untuk tubuh. Tempat tidur yang nyaman akan membuat tubuh lebih rileks dan cepat untuk memejamkan mata. Suasana kamar yang tenang akan membuat Anda lebih fokus untuk segera tidur. Berbeda ketika mencoba tidur di sofa, mungkin akan terganggu dengan aktivitas orang serumah. Berikan kenyamanan pada tubuh Anda ketika tidur. Sehingga besoknya tubuh akan lebih bugar dan siap bekerja lagi.

3. Latihan Pernapasan

Banyak pikiran menjadi salah satu penyebab kesulitan tidur yang paling umum. Bagi Anda seorang pekerja kantoran mungkin sering mengalami masalah ini. Untuk mengatasi kesulitan tidur akibat pikiran yang tidak tenang, coba untuk melakukan latihan pernapasan. Latihan ini akan memberikan efek relaksasi bagi pikiran agar lebih tenang. Anda bisa mencoba teknik pernapasan 4-7-8 yang dibagikan oleh SehatQ. Caranya, tarik napas 1-4 hitungan kemudian tahan selama 7 hitungan dan hembuskan selama 8 hitungan. Lakukan sebanyak 3 kali sebelum mencoba untuk tidur.

4. Buat Kamar Menjadi Nyaman

Untuk bisa tidur dengan cepat, pastikan kamar yang Anda pakai benar-benar nyaman. Atur agar lampu tidak terlalu terang dan suhu ruangan yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Akan lebih baik jika kamar tidak berdekatan dengan ruang keluarga, bisa saja akan berisik saat masih ada orang yang beraktivitas. Tingkat kenyamanan setiap orang tentu berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa mengatur sendiri kamar tidur agar bisa membuat nyaman ketika tertidur.

5. Tidak Bermain Smartphone

Kebiasaan bermain smartphone menjelang tidur tidak baik untuk kualitas tidur Anda. Smartphone sifatnya bisa membuat Anda keterusan untuk bermain. Padahal sejak awal sudah berniat untuk tidur, setelah bermain bisa dipastikan akan sulit untuk melepaskan smartphone.Cahaya yang keluar dari layar smartphone akan membuat Anda sulit untuk memejamkan mata.

Itulah artikel kesehatan mengenai cara mengatasi susah tidur. Ciptakan kualitas tidur yang bagus agar tubuh terjaga kesehatannya. Dapatkan berbagai informasi kesehatan lainnya melalui website atau aplikasi SehatQ.

Tidak ada komentar untuk "Tips Mengatasi Susah Tidur yang Ampuh dari SehatQ.com"